1. TREND SIST/TI MASA DEPAN
A. API (Aplikasi Penghubung Pemograman)
Terhadap Ekonomi API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi lain. API adalah sebuah bahasa dan format pesan yang digunakan oleh program aplikasi untuk berkomunikasi dengan system operasi atau program pengendalian lainnnya seperti system manajemen database (DBMS) atau komunikasi protocol.API diimplementasikan dengan menulis fungsi panggilan atau sintaks dalam program, yang menyediakan sarana yang diperlukan untuk meminta layanan program. Pada dasarnya, program API mendefinisikan cara yang tepat bagi developer untuk meminta layanan dari program itu.
Sebagai contoh, Amazon.com merilis API sehingga pengembang situs web dapat lebih mudah mengakses informasi produk Amazon, menggunakan Amazon API, sebuah situs web pihak ketiga dapat memposting link langsung ke produk Amazon dengan harga yang terupdate dan pilihan untuk “beli sekarang”.
Sebuah API adalah antarmuka software-to-software, bukan user interface.
Dengan API, aplikasi berbicara satu sama lain tanpa sepengetahuan pengguna atau intervensi. Ketika Anda membeli tiket film online dan memasukkan informasi kartu kredit Anda,
situs web tiket film menggunakan API untuk mengirim informasi kartu kredit Anda ke aplikasi remote yang memverifikasi apakah informasi Anda sudah benar. Setelah pembayaran dikonfirmasi, aplikasi remote mengirimkan respon balik ke situs Web tiket film mengatakan itu OK untuk mengeluarkan tiket.Sebagai pengguna,
Anda hanya melihat satu antarmuka situs Web tiket film tapi di belakang layar, banyak aplikasi yang bekerja bersama-sama menggunakan API. Jenis integrasi ini disebut seamless, karena pengguna tidak pernah mendapatkan pemberitahuan bila fungsi perangkat lunak diserahkan dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain.
Oleh karena itu sebuah API dapat dikatakan menyerupai Software as a Service (SaaS), karena pengembang perangkat lunak tidak harus mulai dari awal setiap kali mereka menulis sebuah program. API sudah tersedia dan telah menjadi pengendali bisnis. “Aset utama dari sebuah organisasi dapat digunakan dikembali, dibagikan, diuangkan melalui API yang dapat memperluas jangkauan jasa atau menyediakan aliran pendapatan baru,” ujar Deloitte.
API publik telah meningkat dua kali lipat dalam 18 bulan terakhir dan lebih dari 10.000 telah dipublikasikan. Deloitte menyatakan: “Yang kita lihat adalah pemecah belahan dan, di banyak kasus, pendemokrasi industri. Pemain yang berkubu pada jasa finansial akan mengeksplor platform open banking yang mengurai pembayaran, kredit, investasi, loyalitas dan jasa peminjaman untuk berkompetisi dengan pemain baru seperti PayPal, Billtrust, Tilt, dan Amazon yang menggunakan jasa API dalam industri pembayaran.
Keuntungan memprogram dengan menggunakan API adalah: - Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system call berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.
B. PEMASARAN DIMENSI
Pemasaran Dimensi Pemasaran adalah salah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengkomunikasi dan menyerahkan nilai pada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para peilik sahamnya.B.II KONSEP INTI PEMASARAN
• Kebutuhan
• Pasar sasaran
• Tawaran
• Nilai dan kepuasan
• Saluran pemasaran
• Rantai pasokan
• Persaingan
• Lingkungan pemasaran
• Perencanaan pemasaran
B.II DIMENSI PEMASARAN HOLISTIK
• Pemasaran relasi
• Pemasaran terpadu
• Pemasaran internal
• Pemasaran yang bertanggung jawab sosial
C. ROBOT MANUSIA
Robot humanoid adalah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua kaki, meskipun ada pula beberapa bentuk robot humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas. Beberapa robot humanoid juga memiliki 'wajah', lengkap dengan 'mata' dan 'mulut'. Android merupakan robot humanoid yang dibangun untuk secara estetika menyerupai manusia.
Robot humanoid digunakan sebagai alat riset pada beberapa area ilmu pengetahuan. Periset perlu mengetahui struktur dan perilaku tubuh manusia (biomekanik) agar dapat membangun dan mempelajari robot humanoid. Di sisi lain, upaya mensimulasikan tubuh manusia mengarahkan pada pemahaman yang lebih baik mengenai hal tersebut. Kognisi manusia adalah bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia belajar melalui informasi sensori dalam rangka memperoleh keterampilan persepsi dan motorik. Pengetahuan ini digunakan untuk mengembangkan model komputasi dari perilaku manusia dan hal ini telah berkembang terus sepanjang waktu.
C.I TUJUAN
C.II SENSOR
Sensor merupakan alat yang dapat mengukur beberapa atribut dan merupakan salah satu dari tiga primitif dari robotika (disamping perencanaan dan pengendalian). Penginderaan memainkan peranan penting dalam paradigma robotika. Sensor dapat digolongkan berdasarkan proses fisik dengan apa yang mereka kerjakan atau berdasarkan kepada jenis informasi pengukuran yang mereka berikan sebagai keluaran. Dalam kasus ini, pendekatan kedua yang dipergunakan.
D. PEKERJAAN TEKNOLOGI INFORMASI
A. Kelompok pertama, mereka yang bergelut didunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang system operasi database maupun system aplikasi, pada lingkungan ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti misalnya :
• Sistem analis, meruakan orang yang bertugas menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakandan desai system yang akan dikembangkan.
• Programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program (baik aplikasi maupun system operasi) sesuai dengan system yang dianalisa sebelumnya .
• Web Designer, merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisi dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
• Web Programer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer, yaitu membuat program berbasis web sesuai dengan desain yang telah dirancang sebelumnya.
B. Kelompok kedua, mereka yang bergelut dibidang perangkat keras (hardware). pada lingkungan ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
• Technical engineer, orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik dalam pemeliharaan maupun dalam perbaikan perangkat system computer.
• Networking engineer, orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshootingnya.
C. Kelompok tiga, mereka yang berkecimpung dalam operasiaonal sisteminformasi. pada lingkungan ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
• EDP Operator, orang orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan elektronik data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atauorganisasi lainnya.
• System administrator, orang yang bertugas melakukan administrasi dalam system, melakukan pemeliharaan system, memiliki kewenangan mengatur hak akses terhadap system, serta hal-hal yang berhubungan dengan pengaturan operasional dalah sebuah system.
• Mis director, orang yang memliki wewenang paling tinggi dalam sebuah sisem informasi, melakukan manajemen terhadap sisem tersebut secara keseluruhan baik perangkat keras, perangkat lunak maupun sumber daya manusianya.
D. Kelompok empat, mereka yang berkecimpung di pengembangan bisnis teknologi informasi.pada bagian inipekerjaan diidentifikasikan oleh pengelompokan kerja diberbagai sector diindustri teknologi informasi.
E. CONTOH KASUS
Dampak teknologi dan ilmu alamiah terhadap kelangsungan
hidup manusia hampir semua aspek kehidupan Contohnya : Sandang, Papan dan
Pangan, Teknologi dan ilmu alamiah tidak hanya ningkatin kualitas tetapi juga
kuantitas sandang dan papan, sementara untuk pangan teknologi dan ilmu alamiah
dapat meningkatkan produksi dengan diciptain Bibit Unggul yang berumur singkat
dengan produksi yang tinggi, terhadap sumber daya alam, kemajuan teknologi memberikan
sumbangan dalam mencari alternatif lain, pengganti sumber energi, yang semakin
terbatas jumlanya.
Di semua bidang Industri, teknologi dan ilmu alamiah
memiliki peran yang sangat besar meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak
dampak negatif yang ditimbulkannya.
Dalam bidang kesehatan pun teknologi sudah sangat bantu
dalam menyembuhkan, mengobati bahkan mencegah berkembangnya suatu penyakit
sementara itu, dampak negatifnya dapat berupa penyempitan lapangan pekerjaan
merusak lingkungan, terutama untuk teknologi Nuklir atau teknologi yang
menggunakan zat Radioaktif serta juga menimbulkan beberapa penyakit baru yang
sulit diobati dan berbahaya.
Ilmu alamiah dan teknologi memiliki banyak dampak positif
maupun negatif bagi kelangsungan
hidup manusia. Beberapa dampak positifnya
adalah maningkatkan kemakmuran, misalnya dengan teknologi modern dapat
diperoleh bahan dasar untuk keperluan industri, mendapatkan bibit unggul
memangaatkan hutan sesuai dengan jenis dan fungsinya, Mempermudah menghitung,
berkomunikasi, transportasi dan sebagainya.
Contoh kasus dampak positif teknologi adalah sebagai media
komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana
setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya diseluruh
dunia.
Contoh kasus dampak negatif teknologi adalah salah satunya
penipuan, hacking, perjudian, parnografi, carding dan lain-lain.
2. TREND SISTEM/TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG BISNIS
A. PENGERTIAN DAN TUJUAN BISNIS
A.I PENGERTIAN BISNISBisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris (business), dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.
A.II TUJUAN BISNIS
Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuan perusahaan membuat produk adalah unruk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen. Pada umunya tujuan didirikannya bisnis atau perusahaan tidak hanya profit oriented semata, namun secara keseluruhan tujuan didirikannya perusahaan meliputi :
1. Profit
2. Pengadaan barang atau jasa
3. Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
4. Full employment
5. Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang
6. Kemajuan atau pertumbuhan
7. Prestise dan prestasi
Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu diantaranya :
· Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
· Untuk memakmurkan keluarga
· Ingin namanya dikenal banyak orang
· Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga
· Ingin mencoba hal baru
· Ingin memanfaatkan waktu luang
· Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.
· Ingin mendapat simpati. Dsb.
B. TEKNOLOGI INFORMASI DAN DUNIA BISNIS
C. PROSEDUR PENDIRIAN BISNIS, KONTRAK KERJA DAN PROSEDUR PENGADAAN
C.I PROSEDUR PENDIRIAN BISNIS
- Tahapan pengurusan izin pendirian
Bagi perusahaan skala besar hal ini menjadi prinsip yang tidak boleh dihilangkan demi kemajuan dan pengakuan atas perusahaan yang bersangkutan. Hasil akhir pada tahapan ini adalah sebuah izin prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent yang dapat berupa izin sementara, izin tetap hinga izin perluasan - Tahapan pengesahan menjadi badan hukum
Tidak semua badan usaha mesti berbadan hukum. Akan tetapi setiap usaha yang memang dimaksudkan untuk ekspansi atau berkembang menjadi berskala besar maka hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan izin atas kegiatan yang dilakukannya tidak boleh mengabaikan hukum yang berlaku. Izin yang mengikat suatu bentuk usaha tertentu di Indonesia memang terdapat lebih dari satu macam. Adapun pengakuan badan hukum bisa didasarkan pada Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD), hingga Undang-Undang Penanaman Modal Asing ( UU PMA ). - Tahapan penggolongan menurut bidang yang dijalani
Badan usaha dikelompokkan kedalam berbagai jenis berdasarkan jenis bidang kegiatan yang dijalani. Berkaitan dengan bidang tersebut, maka setiap pengurusan izin disesuaikan dengan departemen yang membawahinya seperti kehutanan, pertambangan, perdagangan, pertanian dsb. - Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain yang terkait
Departemen tertentu yang berhubungan langsung dengan jenis kegiatan badan usaha akan mengeluarkan izin. Namun diluar itu, badan usaha juga harus mendapatkan izin dari departemen lain yang pada nantinya akan bersinggungan dengan operasional badan usaha misalnya Departemen Perdagangan mengeluarkan izin pendirian industri pembuatan obat berupa SIUP. Maka sebgai kelanjutannya, kegiatan ini harus mendapatkan sertifikasi juga dari BP POM, Izin Gangguan atau HO dari Dinas Perizinan.
C.II KONTRAK KERJA
PENGERTIAN
Kontrak Kerja/Perjanjian Kerja menurut
Undang-Undang No.13/2003 tentang Ketenagakerjaan adalah perjanjian antara pekerja/buruh dengan pengusaha atau
pemberi kerja yang memuat syarat syarat kerja, hak, dan kewajiban para pihak.
SYARAT
Menurut pasal 54 UU No.13/2003, Perjanjian kerja yang dibuat
secara tertulis sekurang kurangnya harus memuat:
a. nama, alamat perusahaan, dan jenis usaha
b. nama, jenis kelamin, umur, dan alamat pekerja/buruh
c. jabatan atau jenis pekerjaan
d. tempat pekerjaan
e. besarnya upah dan cara pembayarannya
f. syarat syarat kerja yang memuat hak dan kewajiban pengusaha
dan pekerja/buruh
g. mulai dan jangka waktu berlakunya perjanjian kerja
h. tempat dan tanggal perjanjian kerja dibuat; dani. tanda
tangan para pihak dalam perjanjian kerja.
PERJANJIAN BERDASARKAN WAKTU KERJA
=> Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT)
Perjanjian
Kerja Waktu Tertentu (PKWT) yang pekerjanya sering disebut karyawan
kontrak adalah perjanjian kerja antara pekerja
dengan pengusaha untuk mengadakan hubungan kerja dalam waktu tertentu atau
untuk pekerja tertentu.
PKWT
harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
- didasarkan atas jangka waktu paling lama tiga tahun
atau selesainya suatu pekerjaan tertentu
- dibuat secara tertulis dalam 3 rangkap : untuk
buruh, pengusaha dan Disnaker (Permenaker No. Per-02/Men/1993), apabila
dibuat secara lisan maka dinyatakan sebagai perjanjian kerja waktu tidak
tertentu
- dalam Bahasa Indonesia dan huruf latin atau dalam
Bahasa Indonesia dan bahasa asing dengan Bahasa Indonesia sebagai yang
utama;
- tidak ada masa percobaan kerja (probation),
bila disyaratkan maka perjanjian kerja BATAL DEMI HUKUM (Pasal 58 UU No. 13/2003).
=> Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu
(PKWTT)
Berdasarkan
Pasal 1 angka 2 Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik
Indonesia Nomor KEP. 100/MEN/VI/2004 Tentang Ketentuan Pelaksanaan Perjanjian
Kerja Waktu Tertentu, pengertian Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu adalah
perjanjian kerja antara pekerja/buruh dengan pengusaha untuk mengadakan
hubungan kerja yang bersifat tetap. Pekerjanya sering disebut karyawan
tetap
Selain
tertulis, PKWTT dapat juga dibuat secara lisan dan tidak wajib mendapat
pengesahan dari intstansi ketenagakerjaan terkait. Jika PKWTT dibuat secara
lisan maka perusahaan wajib membuat surat pengangkatan kerja bagi
karyawan yang bersangkutan. PKWTT dapat mensyaratkan adanya masa percobaan kerja
(probation) untuk
paling lama 3 (tiga) bulan, bila ada yang mengatur lebih dari 3 bulan, maka
demi hukum sejak bulan keempat, si pekerja sudah dinyatakan sebagai pekerja
tetap (PKWTT). Selama masa percobaan, Perusahaan wajib membayar upah pekerja
dan upah tersebut tidak boleh lebih rendah dari upah minimum yang berlaku.
Sekarang
kita telah mengetahui dasar-dasar mengenai jenis kontrak kerja. Yang paling
sering ditanyakan adalah mengenai Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) untuk
para pekerja kontrak. Maka dari itu, Gajimu akan mencoba membahasnya dengan
lebih detail.
C.II PROSEDUR PENGADAAN
Prosedur
Pengadaan Tenaga Kerja antara
lain :
- Perencanaan Tenaga Kerja
Perencanaan tenaga
kerja adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan
cara memenuhinya. Penentuan kuantitas dapat dilakukan dengan dua cara yaitu
time motion study dan peramalan tenaga kerja. Sedangkan penentuan kualitas
dapat dilakukan dengan Job Analysis.
Job Analysis terbagi menjadi dua, yaitu Job Description dan Job Specification / Job Requirement.
Tujuan Job Analysis bagi perusahaan yang sudah lama berdiri yaitu untuk reorganisasi, penggantian pegawai, dan penerimaan pegawai baru.
Job Analysis terbagi menjadi dua, yaitu Job Description dan Job Specification / Job Requirement.
Tujuan Job Analysis bagi perusahaan yang sudah lama berdiri yaitu untuk reorganisasi, penggantian pegawai, dan penerimaan pegawai baru.
- Penarikan Tenaga Kerja
Penarikan tenaga kerja
diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber internal dan sumber eksternal.
Sumber internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik, dan sebagainya.
Sumber eksternal yaitu menarik tenaga kerja baru dari lembaga tenaga kerja, lembaga pendidikan, ataupun dari advertising, yaitu media cetak dan internet. Keuntungan menarik tenaga kerja
Sumber internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik, dan sebagainya.
Sumber eksternal yaitu menarik tenaga kerja baru dari lembaga tenaga kerja, lembaga pendidikan, ataupun dari advertising, yaitu media cetak dan internet. Keuntungan menarik tenaga kerja
- Seleksi Tenaga Kerja
Ada lima tahapan dalam
menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dan
psikologi, wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan).
Terdapat dua pendekatan untuk menyeleksi tenaga kerja, yaitu Succecive Selection Process dan Compensatory Selection Process. Succecive Selection Process adalah seleksi yang dilaksanakan secara bertahap atau sistem gugur. Compensatory Selection Process adalah seleksi dengan memberikan kesempatan yang sama pada semua calon untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi yang telah ditentukan.
Terdapat dua pendekatan untuk menyeleksi tenaga kerja, yaitu Succecive Selection Process dan Compensatory Selection Process. Succecive Selection Process adalah seleksi yang dilaksanakan secara bertahap atau sistem gugur. Compensatory Selection Process adalah seleksi dengan memberikan kesempatan yang sama pada semua calon untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi yang telah ditentukan.
- Penempatan Tenaga Kerja
Penempatan tenaga
kerja adalah proses penentuan jabatan seseorang yang disesuaikan antara
kualifikasi yang bersangkutan dengan job specification-nya.
Indikator kesalahan penempatan tenaga kerja yaitu tenaga kerja yang tidak produktif, terjadi konflik, biaya yang tinggi dan tingkat kecelakaan kerja tinggi.
Indikator kesalahan penempatan tenaga kerja yaitu tenaga kerja yang tidak produktif, terjadi konflik, biaya yang tinggi dan tingkat kecelakaan kerja tinggi.
D. APLIKASI BISNIS
ELECTRONIC MARKET (EMs)
• Sarana menggunakan Teknologi Informasi dan komunikasi untuk melakukan / menyajikan penawaran
• Dalam sebuah segmen pasar
• Pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan.
Contoh : OLX, Berniaga, dll.
ELECTRONIC DATA INTERCHANGE (EDI)
• Sarana untuk mengefisiensikan pertukaran
data transaksi yang berulang
• Dalam jumlah besar
• Antara organisasi-organisasi komersial
Contoh : System Pada Carefour Indonesia
INTERNET COMMERCE
• Aktifitas perdagangan menggunakan internet
Contoh : Bhineka.com
E.PROSES DAN STRATEGI PENERMBANGAN BISNIS TI
Pengembangan Sistem Informasi (SI)
Ketika pendekatan
sistem untuk penyelesaian masalah diterapkan untuk pengembangan solusi sistem
informasi terhadap masalah bisnis, maka hal ini disebut pengembangan sistem
informasi (information systems development) atau pengembangan aplikasi (
application development). Bagian ini akan menunjukkan bagaimana pendekatan
sistem dapat digunakan untuk mengembangkan untuk mengembangkan aplikasi dan
sistem e-business yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan, karyawan,
dan pihak-pihak lain yang berkepentingan terhadap perusahaan (stakeholder).
Pendekatan Sistem
Pendekatan sistem (system approach) untuk penyelesaian
masalah menggunakan orientasi sistem untuk merumuskan masalah dan peluang serta
mengembangkan solusi. Menganalisis masalah dan memformulasikan solusi
melibatkan aktivitas yang saling berhubungan di bawah ini :
1. Kenali dan rumuskan masalah atau peluang dengan
menggunakan pemikiran sistem
2. Kembangkan dan evaluasi alternatif solusi sistem.
3. Pilih solusi sistem yang memenuhi persyaratan anda.
4. Desain solusi sistem yang dipilih.
5. Implementasikan dan evaluasi kesuksessan sistem yang
telah didesain.
Analisis Sistem
Jika ingin
mengembangkan aplikasi baru secepatnya atau dilibatkan dalam poyek jangka
panjang, perlu melakukan beberapa aktivitas dasar analisis sistem. Analisis
sistem merupakan studi mendalam mengenai informasi yang dibutuhkan oleh pemakai
akhir yang menghasilkan persyaratan fungsional yang digunakan sebagai dasar
untuk desain sistem informasi baru. Analisis sistem secara tradisional
melibatkan studi yang rinci mengenai :
1. Informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan pemakai
akhir seperti diri sendiri
2. Aktivitas, sumber daya, dan produk dari satu atau lebih
sistem informasi yang saat ini digunakan.
3. Kemampuan sistem informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi
kebutuhan informasi, dan pemilik kepentingan bisnis lainnya yang mungkin
menggunakan sistem ini.
Analisis sendiri dibagi menjadi 3 :
1. Analisis
organisasional
Analisis
organisasional merupakan langkah pertama yang penting dilakukan dalam analisis
sistem. Anggota tim pengembangan harus mengetahui tentang organisasinya,
struktur manajemennya, orang-orangnya, aktivitas bisnisnya, sistem lingkungan
yang terkait, dan sistem informasi baru. Anggota tim harus mengetahui informasi
ini secara lebih rinci untuk unit bisnis tertentu atau kelompok kerja pemakai
akhir yang akan terpengaruh oleh sistem informasi yang baru atau yang lebih
baik yang diusulkan.
2. Analisis
system yang ada
Sebelum mendesain
sistem baru, perlu mempelajari sistem yang akan ditingkatkan atau diganti (jika
ada). Juga diperlukan menganalisis bagaimana sistem ini menggunakan hardware,
software, jaringan, dan sumber daya manusia untuk mengubah sumber data, sepert
data tansaksi ke produk transaksi ke produk informasi, seperti laporan dan
tampilan. Kemudian mendokumentasi bagaimana aktivitas sistem informasi input,
pemrosesan, output, penyimpanan, dan pengendalian dilaksanakan.
3. Analisis
persyaratan fungsional
Langkah analisis
sistem ini adalah satu dari yang paling sulit dalam menentukan kebutuhan
informasi bisnis khusus. Misalnya :
1. Pertama perlu menentukan jenis informasi apa yang
dibutuhkan oleh setiap aktivitas bisnis (bagaimana formatnya, volumenya, dan
frekuensinya serta waktu responsnya).
2. Kedua, harus mencoba menentukan kemampuan pemrosesan
informasi yang dibutuhkan untuk setiap aktivitas sistem (input, pemrosesan,
penyimpanan, output, pengendalian) untuk memenuhi kebutuhan informasi.
3. Harus mencoba mengembangkan persyaratan fungsional.
Persyaratan fungsional merupakan persyaratan informasi pemakai akhir yang tidak
berkaitan dengan hardware, software, jaringan, data, dan sumber daya manusia
yang saat ini digunakan oleh pemakai akhir atau akan digunakan dalam sistem
yang baru.
F.ATURAN E-BUSINESS PADA BISNIS
1. Komunikasi à adanya fasilitas dan media yang memungkinkan
terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan
pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
2. Komersial à adanya sistem yang melaksanakan transaksi
online mulai dari promosi barang,
pemesanan barang, pembayaran dan
pengiriman barang. Pelanggan cukup melihat dari website jenis barang,
spesifikasi dan harga barang, untuk pemesanan dilihat dari stok barang yang
ada,untuk pembayaran sistem shopping online harus terhubung dengan otorisasi
pembayaran (pihak bank).
3. Proses bisnis àSetiap pelaku e-Business yang ingin
melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari
e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan
memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama
pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis
jika dibandingkan dengan perdagangan
yang dilakukan secara tradisional.
4. Layanan à Bagi setiap institusi yang menjadi pelaku
e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya menjadikan
layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih terjangkau.
5. Learning à Untuk meningkatkan awareness baik diantara
pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar semakin
banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi
online.
6. Kolaborasi à
adanya kerjasama dengan pihak lain (stakeholder) pada setiap transaksi yang
terjadi.
7. Komunitas à
Dalam dunia maya (world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator
untuk mengukur aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media
yang cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik
dari sisi pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme
transaksi.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar