SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI

a. Sejarah Teknologi Informasi

Semakin kesini semakin banyak inovasi teknologi canggih yang dapat memanjakan umat manusia, namun dengan itu manusia juga harus mampu mengendalikannya, terciptalah alat dan sitem komunikasi yang kita kenal dengan nama Teknologi informasi dan komunikasi.

1. Masa Prasejarah (Sebelum 3000 SM)

Pada awalnya, teknologi informasi dikembangkan manusia sebagai sistem pengenalan bentuk-bentuk dengan menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, misalnya tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa itu, mereka mulai mengenal benda-benda di sekitar lingkungan mereka dan mewakilkan bentuknya pada lukisan di dinding gua tempat mereka tinggal. Kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi. Perkembangan teknologi selanjutnya, yaitu dengan diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, serta isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya. Pada masa ini, teknologi informasi belum menjadi teknologi massal seperti yang kita kenal sekarang dan hanya digunakan pada saat-saat khusus.

2. Masa Sejarah (3000 SM s.d. 1400 M)

Perkembangan tulisan semakin maju pada masa sejarah, mulai ditemukannya abjad fonetik, kertas sebagai media penulisan yang mudah dibawa, hingga cara pencentakan buku. Pada masa ini, informasi belum disebarkan secara massal. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada masa sejarah pada tabel berikut.


3. Masa Modern (1400 M – Sekarang)

Pada masa ini terjadi kemajuan yang berarti pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Untuk itu, pelajari tabel berikut.
Teknologi informasi dan komunikasi sampai saat ini terus berkembangpesat seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan, mulai dari sistem komunikasi sampai alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif). Apalagi di zaman sekarang ini teknologi merupaka suatu kebutuhan hidup manusia di seluruh dunia.

b. Perkembangan Komputer

Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, perkembangannya dapat dibagi menjadi 5 Generasi :
1. Generasi Pertama (1940 – 1959)
2. Generasi Kedua (1959 – 1964)
3. Generasi Ketiga (1964 – 1970)
4. Generasi Keempat (Sejak 1970)
5. Generasi Kelima (Sekarang)

Komputer Generasi Pertama

Komputer generasi pertama banyak digunakan untuk tujaun saintifik. Oleh karena ukurannya yang amat besar, ketidaktepatan pemrosesan data dan harganya yang tinggi, banyak yang menganggap komputer akan menjadi alat yang digunakan untuk tujuan saintifik saja selamanya, bukan untuk kegunaan umum.
Komputer generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (vacuum tube) untuk sirkuitnya.
  • Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin / assembler.
  • Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas.
  • Cepat panas.
  • Proses kurang cepat.
  • Memerlukan daya listrik yang besar.
  • Orientasi pada aplikasi bisnis

Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1948 penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai tahun 1956. Komputer generasi kedua menggunakan komonen-komponen transistor untuk CPU dan inti magnetic untuk memory. Daya tahan transistor diketahui lebih baik karena tidak mudah terbakar jika dibandingkan dengan tabung vakum.

IBM membuat supercomputer bernama Stretch dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa pemrograman tingkat tinggi mulai digunakan, seperti Common Business-Oriented Language (COBOL), Formula Transistor (FORTRAN) dan ALGOL. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.

Secara umum komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Sirkuitnya berupa transistor.
2. Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
3. Kapasitas memori utama sudah cukup besar.
4. Ukuran fisik komputer lebih kecil disbanding komputer generasi pertama.
5. Proses operasi sudah cepat.
6. Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
7. Berorientasi pada bisnis dan teknik.

Generasi Ketiga

Generasi ketiga perangkat keras komputer dikarakteristikkan dengan lebih banyaknya sirkuit monolitik dan miniaturisasi (banyaknya komponen elektronik pada chip) untuk CPU.Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tabung vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958.Operating System (OS) yang memungkinkan satu komputer melakukan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuak program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

1. Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Cicuits) yang bebentuk hybrid intgrated circuits dan monolithic intgrated circuits.
2. Peningkatan dari softwarenya.
3. Lebih cepat dan tepat bahkan 10000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
4. Kapasitas memory komputer lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
5. Menggunakan penyimpan luar yang bersifat random access.
6. Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya.
7. Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing.
8. Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar serta grafik.
9. Harga semakin murah dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya.
10. Kemampuan melakukan komunikasi data dari suatu komputer dengan komputer lain.




Generasi Keempat


Komputer generasi keempat dikarakteristikkan dengan memori semikonduktor yang cepat, ukuran kecil dan kebutuhan tenaga yang lebih kecil. Setelah IC, tujuan pengembanagan yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer Tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan rumah, kantor dan sekolah. Selanjutnya komputer melanjutkan evolusinya ke ukuran yang lebih kecil, dari desktop computer menjadi laptop dan palmtop (komputer genggam).

Generasi Kelima

Komputer pada zaman sekarang ini sudah lebih canggih baik dalam segi Kemampuan yang sudah berkembang sangat signifikan, Bentuk yang sudah semakin di sesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan sudah diperlukan di berbagai aspek baik untuk bisnis maupun untuk kepentingan edukasi.
Pada generasi ini komputer sudah mempunyai bentuk umum yaitu terdiri dari :
1. CPU (central processing unit)
2. Monitor baik berupa LCD (liquid crystal digital) maupun CRT (Cathode Ray Tube)
3. Keyboard
4. Mouse

C. Perangkat Komputer

Dibagi menjadi 2 bagian yaitu :

  • Perangkat Keras (Hardware)
  • Perangkat Lunak (Software)

Perangkat Keras (hardware) adalah komponen dari sebuah komputer, dimana komponen tersebut dapat di lihat dan di raba atau di gunakan oleh tangan manusia langsung agar komputer dapat berguna dengan baik

Perangkat Lunak (software) adalah sebuah program yang berada dalam komputer yang hanya bisa di lihat oleh manusia dan di gunakan untuk menjalankan perangkat keras pada komputer, dan juga dapat berfungsi untuk menerjemahkan bahasa manusia ke bahasa mesin.

D. Pemanfaatan Sistem & Teknologi Informasi

Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.
Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (Knowledge) bagi penggunanya.
Namun ada juga pengertian teknologi informasi menurut beberapa ahli

  1. Teknologi informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan dan gambar (Kamus Oxford, 1995)
  2. Teknologi informasi adalah seperangkatalat yang membantu anda bekerjadengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & keen, 1996)
  3. Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
  4. Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
  5. Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William & Sawyer, 2003)

PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK

A.Pemahaman Komponen Perangkat Keras

INPUT : Sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memory atau processor untuk di olah guna untuk mendapatkan informasi yang di perlukan. Contoh dari input device adalah Mouse, Keyboard, Joystick, Scanner, Printer, Microphone.
PROSES : Perangkat keras yang dapat memproses dan mengolah data yang di berikan oleh peralatan input kemudian di keluarin dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan di terima oleh manusia. Contoh dari Process Device adalah CPU, Motherboard, Powersupply, RAM, Harddisk/HDD , VGA.
KONTROL : Tugas utamanya adalah untuk mengendalikan komputer secara keseluruhan untuk mencinptakan sebuah sinkronisasi kerja antara komponen dalam melakukan tugasnya masing-masing. Contoh : Control Unit.
PENYIMPANAN : Komputer mempunyai perangkat keras untuk media penyimpanannya. Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama yang telah disebutkan di atas. Contoh dari memori eksternal adalah Floppy Disk, Harddisk, CD-ROM, DVD.
OUTPUT : Merupakan komponen komputer yang berfungsi menghasilkan informasi yang di peroleh hasil pemrosesan data dari peralatan proses komputer. Output hasil proses dari komputer di golongkan menjadi 4 bentuk yaitu : Huruf, Gambar, Suara dan Video. peralatan output akan menghasilkan informasi untuk manusia sehingga bisa dibaca, dilihat, didengar, dan di pahami. Contoh dari Output Device : Printer, Monitor, LCD Proyektor, Speaker.

B.Pemahaman Komponen Perangkat Keras


  • Evolusi Perangkat Lunak
Tahap Pertama (1950 - 1960)
Dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi Batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertantu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin di buatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.

Tahap Kedua (1960 - 1970)
Dimulau pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi, Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interaksi manusia dan komputer (Human Computer Interaction).

Tahap Ketiga (1070 - 1990)
Dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun 1990. pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga Penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, pengakat keras dari suatu komputer harganya sangat murah. selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.

Tahap Keempat (1990 - 2000)
Dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat di kendalinkan oleh suatu sistem operasi. Tingkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin di tinggalkan sehingga perangkat lunak atau software di latih mempunyai kecerdasan seperti yang dimiliki manusia. Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fruzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangant mendominasi pada era ini. Dan, pada masa ini pula pemrogaman sudah berorientasi obyek (OOP)
  • Klasifikasi Perangkat Lunak
Perangkat lunak sistem

Bahasa Pemrogaman
Teknik komando / intruksi standar untuk memerintah komputer. bahasa pemrogaman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantic yang di pakai untuk mendefinisikan program komputer.

Sistem Operasi
Program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di kenal oleh mesin komputer. Menerjemahkan perintah-perintah yang di jalankan pengguna komputer untuk di proses oleh perangkat keras

Utility
Program bantu untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari virus, membackup data-data-penting.

Perangkat lunak aplikasi

Aplikasi Office
Aplikasi perangkat lunak yang di perlukan khusus untuk pekerjaan kantor. Terdiri dari sebuah program persenrasi, peralatan basis data, paket grafis dan peralasatan komunikasi

Aplikasi Multimedia
Aplikasi perangkat lunak yang digunakan sebagai beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi dan video

Aplikasi Internet
Aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses berbagai macam layanan internet, seperti browsing, emailing dsb.

SUMBER :
https://id.wikipedia.org/

Komentar